Obat Untuk Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya

Jerawat memang menjadi masalah tersendiri bagi banyak orang. Jerawat bisa tumbuh di wajah, leher, dada, punggung dan bahkan di tempat yang tidak terduga. Jerawat sebenarnya tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi sangat menjengkelkan dan memasukkan rasa tidak percaya diri. Oleh karena itu, banyak orang mencari obat tradisional alami untuk menghilangkan jerawat. Berikut adalah 20 jenis obat tradisional alami yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat anda.

1. Lidah Buaya

\"LidahLidah buaya telah lama dikenal sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai masalah kulit, termasuk jerawat. Kandungan enzim, asam salisilat, dan asam kolin dalam lidah buaya membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan. Anda dapat memotong daun lidah buaya, mengeluarkan gelnya dan oleskan di area yang terdapat jerawat. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air bersih.

2. Kulit Jeruk

\"KulitKulit jeruk mengandung vitamin C dan bioflavonoid yang dapat membantu mengatasi jerawat. Anda dapat mengeringkan kulit jeruk dan membuatnya menjadi bubuk, lalu campurkan dengan sedikit air hingga terbentuk pasta. Oleskan pasta ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat.

3. Daun Kemangi

\"DaunDaun kemangi mengandung anti-bakteri, anti-inflamasi, dan anti-oksidan, yang dapat membantu menghilangkan jerawat. Anda dapat menumbuk beberapa daun kemangi dan membuatnya menjadi pasta, lalu oleskan ke wajah. Biarkan selama 15 menit dan bilas wajah dengan air hangat.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dalam Waktu 3 Hari

4. Madu

\"Madu\"Madu mengandung banyak sifat antibakteri yang membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan meredakan peradangan. Oleskan madu ke wajah sebagai masker, diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

5. Baking Soda

\"BakingBaking soda dapat membantu menghilangkan kelebihan minyak dan menjaga pH kulit yang sehat. Campurkan satu sendok makan baking soda dengan sedikit air dan oleskan ke area wajah yang terdapat jerawat. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas wajah dengan air hangat.

6. Minyak Tea Tree

\"MinyakMinyak Tea Tree mengandung sifat antibakteri yang dapat membantu mengurangi ukuran jerawat. Oleskan satu sampai dua tetes minyak Tea Tree pada kapas dan usapkan ke jerawat. Anda dapat menggunakan minyak Tea Tree ini sebanyak dua kali sehari.

7. Kunyit

\"Kunyit\"Kunyit adalah obat tradisional yang sering digunakan untuk kulit wajah. Kunyit mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu mengatasi jerawat. Campurkan kunyit dengan air atau minyak kelapa hingga terbentuk pasta, oleskan pasta ini pada area wajah yang terdapat jerawat. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas wajah dengan air hangat.

8. Minyak Kelapa

\"MinyakMinyak kelapa mengandung asam laurat yang bisa membunuh berbagai jenis bakteri penyebab jerawat. Oleskan minyak kelapa ke wajah sebagai masker dan pijat perlahan. Biarkan selama 10 menit sebelum bilas dengan air bersih.

9. Daun Teh Hijau

\"DaunDaun teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengatasi jerawat. Basahi kantung teh dengan air panas dan tempelkan pada jerawat selama 5-10 menit. Anda juga bisa memoleskan daun teh basah langsung ke wajah sebagai masker dan bilas setelah 10-15 menit.

10. Kuning Telur

\"KuningKuning telur mengandung vitamin A dan E yang membantu mengatasi jerawat dan memperbaiki jaringan kulit. Oleskan kuning telur pada wajah dan biarkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Baca Juga  Cara Menghilangkan Flek Di Muka

11. Bawang Putih

\"BawangBawang putih mengandung sifat antibakteri, antivirus, dan antioksidan yang dapat membantu mencegah jerawat. Haluskan beberapa siung bawang putih dan tambahkan sedikit air hingga menjadi pasta. Oleskan pada kulit wajah dan diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

12. Putih Telur

\"PutihPutih telur mengandung sifat antioksidan yang dapat membantu mencegah jerawat dan mengembalikan tekstur kulit yang sehat. Oleskan putih telur ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat. Lakukan perawatan ini dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

13. Pepaya

\"Pepaya\"Pepaya mengandung enzim papain yang bekerja untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan pori-pori kulit. Haluskan sedikit papaya dan oleskan pada wajah selama 15-20 menit. Bilas wajah dengan air hangat.

14. Daun Mint

\"DaunDaun mint memiliki sifat anti-inflamasi dan membersihkan kulit. Anda dapat menumbuk beberapa daun mint hijau segar dengan air dan oleskan ramuan pada area wajah yang terdapat jerawat. Biarkan selama 15-20 menit dan bilas wajah dengan air hangat.

15. Cuka Sari Apel

\"CukaCuka sari apel mengandung asam alfa-hidroksi yang dapat membantu mencegah jerawat dan mempercepat proses penyembuhan. Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan satu sendok makan air dan oleskan pada area wajah yang terdapat jerawat. Diamkan selama satu jam dan bilas dengan air hangat.

16. Bengkoang

\"Bengkoang\"Bengkoang mengandung enzim bromelin yang membantu mengatasi jerawat dan menjaga kelembaban kulit. Haluskan beberapa bengkoang dan campurkan dengan sedikit air hingga terbentuk pasta. Oleskan pasta ke wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas wajah dengan air hangat.

17. Kayu Manis dan Madu

\"KayuKayu manis dan madu mengandung sifat antibakteri yang membantu mencegah jerawat dan meredakan peradangan. Campurkan satu sendok makan madu dengan setengah sendok teh kayu manis hingga tercampur rata. Oleskan pada jerawat dan diamkan selama 10-15 menit, bilas dengan air hangat.

Baca Juga  Obat Flek Hitam Paling Ampuh

18. Teh Chamomile

\"TehTeh chamomile memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi jerawat dan meredakan iritasi kulit. Seduh teh chamomile dan biarkan dingin. Basahi kapas dengan teh dan tempelkan pada jerawat selama 10-15 menit. Anda juga dapat meminum teh chamomile untuk manfaat tambahan.

19. Tomat

\"Tomat\"Tomat mengandung asam salisilat yang membantu mencegah jerawat. Iris tomat menjadi potongan tipis dan tempelkan ke wajah selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

20. Lemon

\"Lemon\"Lemon mengandung sifat antibakteri dan asam sitrat yang bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan jerawat. Iris lemon menjadi potongan halus dan oleskan pada area yang terdapat jerawat. Diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Kesimpulan

Jerawat bukanlah masalah serius, tetapi dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Obat tradisional alami dapat membantu mengatasi dan mencegah jerawat. Obat-obatan tersebut mengandung sifat antibakteri, anti-inflamasi, antioksidan, dan vitamin yang bermanfaat untuk kulit. Terapkan cara-cara di atas secara rutin dan disiplin agar jerawat hilang dengan cepat dan kulit terjaga secara menyeluruh.

FAQs

1. Apa itu jerawat?

Jerawat adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati dalam pori-pori kulit.

2. Mengapa jerawat muncul?

Jerawat bisa muncul karena beberapa faktor seperti ketidakseimbangan hormon, genetika, konsumsi makanan yang tidak sehat, st

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *