apa sich yang menjadi penyebab flek hitam di wajah?

distributor drw skincare lampung

Sebetulnya apa sich yang menjadi penyebab flek hitam di wajah?

Kamu coba lihat kulit mukamu, apa kelihatan bintik-bintik hitam? Jika iya, mungkin itu ialah flek hitam ,Flek hitam atau ephelis sebagai kelompok bintik-bintik kecil atau pigmen alami yang mempunyai warna lebih gelap dibanding tempat di sekelilingnya yang memiliki banyak jenisnya. Tetapi, tenang saja, karena keadaan ini benar-benar lumrah tidak membahayakan. Lalu, apa penyebab flek hitam di wajah? Yok, baca secara lengkap di bawah ini.

Timbulnya pigmen lebih gelap di sebagian kulit bisa diakibatkan oleh beberapa hal, dimulai dari faktor genetik sampai perubahan hormonal. Untuk ketahui lebih komplet, baca penuturannya berikut ini sampai habis

 

1. Faktor genetik

Salah satunya aspek terpenting timbulnya flek hitam pada wajah ialah turunan atau genetik. Pada beberapa riset, disebut jika faktor genetik berperanan sekitaran 20-70% pada timbulnya bintik hitam di muka. Nach, bila kamu mempunyai bintik hitam pada wajah, dapat sehingga kamu mempunyai genetik turunan dari orangtua atau bahkan juga nenek kamu dan kakek.

2. Pancaran cahaya UV berlebihan

Salah satunya penyebab flek hitam di wajah yang terpopuler ialah pancaran cahaya matahari yang berlebihan. Yap, sama seperti yang telah kita mengetahui, cahaya matahari pancarkan radiasi UVA dan UVB di kulit yang dapat akibatkan beragam efek buruk pada kulit. Satu diantaranya ialah menstimulasi produksi melanin, pigmen pemberi warna di kulit, secara berlebihan. Mengakibatkan, kulit alami hiperpigmentasi atau penimbunan melanin, hingga kulit akan jadi lebih gelap dibanding dengan area kulit lainnya. Perihal ini pula yang bisa memacu timbulnya flek hitam.

Baca Juga  Face Oil Lokal Untuk Kulit Berminyak Dan Berjerawat

3. Perubahan hormonal

Pada keadaan tertentu, badan pasti bisa jadi alami peralihan hormon. Rupanya, beberapa peralihan hormon ini bisa juga memengaruhi timbulnya flek hitam pada kulit. Satu diantaranya ialah peralihan hormon estrogen yang sering ditemui saat wanita sedang hamil atau menstruasi. Bertambahnya hormon estrogen dalam tubuh akan memengaruhi produksi melanin di kulit hingga flek hitam bisa muncul.

4. Efek samping obat atau kosmetik

Konsumsi obat seperti pil KB, beberapa obat untuk penyakit fungsi tiroid, therapy hormon, dan obat yang lain bisa memacu timbulnya flek hitam pada muka. Ini disebabkan karena peralihan hormon dalam tubuh yang bisa dipacu oleh kandungan dalam tipe beberapa obat itu.

Selainnya efek obat, memakai kosmetik dapat menjadi penyebab timbulnya flek hitam, karena kandungan kimia didalamnya yang bisa memacu produksi melanin pada kulit. Beberapa kandungan dalam produk kosmetik bisa juga membuat kulit kita lebih peka pada cahaya matahari, hingga bisa tingkatkan resiko dari radiasi UVA dan UVB, satu diantaranya yakni timbulnya flek hitam.

5. Faktor usia

Bersamaan bertambahnya umur, kulit seorang akan kehilangan elastisitasnya karena menyusutnya protein collagen yang dibuat oleh kulit. Selainnya terlihat lembek, hilangnya fleksibilitas kulit membuat kulit lebih rawan terhadap timbulnya flek hitam.

6. Peradangan

Proses pengobatan peradangan yang disebabkan karena keadaan kulit seperti eksim, psoriasis, dan jerawat bisa memacu timbulnya flek hitam karena produksi melanin yang berlebih.

7. Efek pemulihan luka

Saat kulit alami cedera karena jerawat, tergores, atau cedera yang lain, kulit akan alami rangkaian proses pengobatan untuk mengembalikan keadaan kulit seperti semula. Tetapi, saat proses pengobatan itu, umumnya kulit akan hasilkan produksi melanin yang berlebihan dengan cara alamiah, hingga bisa munculkan flek hitam.

Baca Juga  Night Cream Untuk Kulit Kering Dan Kusam

8. Mengidap penyakit tertentu

Beberapa penyakit seperti diabetes, penyakit hati, penyakit addison, tumor hipofisis, dan penyakit yang lain dapat akibatkan timbulnya flek hitam pada kulit. Ini bisa disebabkan karena beragam hal, seperti insulin yang tidak bisa bekerja pada kasus penyakit diabetes, peralihan hormon pada kasus penyakit yang lain, dan addison.

Langkah Simpel Hindari Flek Hitam

Walau tidak mengakibatkan dampak atau efek tertentu di kulit, mempunyai flek hitam di kulit terkadang bisa mengusik kepercayaan diri kita. Tetapi, tidak perlu cemas. Ada tiga hal yang dapat kamu kerjakan untuk menahan timbulnya flek hitam pada wajah, yakni:

1. Rutin aplikasikan sunscreen

Pakai sunscreen membuat perlindungan kulit dari pengaruh buruk cahaya UV tiap hari, walau kamu cuma melakukan aktivitas dalam ruang. Janganlah lupa reapply tiap 2 jam sekali, ya!

2.Gunakan baju dan aksesories tertutup

Walau telah memakai sunscreen, membuat perlindungan kulit lebih optimal dari cahaya UV pun tidak ada salahnya. Saat cuaca sedang terik, pastikanlah kamu memakai baju dan aksesories yang tutupi sebagian besar kulit.

3.Pakai skincare untuk mencerahkan wajah

Sama keutamaan dengan membuat perlindungan kulit dari cahaya UV, bersihkan wajah dengan sistem ganda cleansing dan memberikan nutrisi kulit penting juga sekali kamu perhatikan. Dengan lakukan ke-2 ini dengan teratur, kulit bisa menjadi bersih, cerah merona, dan terbebas dari flek hitam.

Serangkaian produk DRW Skincare memberikan nutrisi kulit yang diformulasi dengan beberapa bahan khusus yang bagus untuk kulit! Varian tersedia dalam make up remover, facial foam dan sheet mask yang ada untuk beragam type kulit.

Sederhana sekali ya langkah untuk menahan flek hitam pada wajah? Walau kelihatan gampang, kamu perlu yakinkan untuk kerjakan ke-3 hal di atas dengan teratur, ya! Karena jika kamu cuma melakukan kadang-kadang tentu saja usaha itu akan percuma hingga flek hitam dapat terus ada di kulit muka.

Baca Juga  Cream Malam Untuk Kulit Berminyak Dan Pori Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *